Kunjungi 4 Pura Terkenal di Pulau Dewata Berikut

Berkunjung ke Pulau Dewata rasanya belum lengkap jika tidak menengok beberapa pura bagus di Bali. Banyak sekali pura cantik, unik, dan tentu bersejarah sehingga tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga destinasi wisata.

 

Walaupun bisa menjadi destinasi wisata, pura tetaplah tempat sakral yang memiliki peraturan yang wajib dipatuhi. Adapun peraturannya seperti:

Perempuan yang sedang datang bulan dilarang memasuki area pura

Pengunjung wajib memakai baju sopan dan tertutup

Dilarang membuang sampah sembarangan di area pura

Dilarang meludah

Dilarang menginjak sesajen atau canang sari

Dilarang mengucapkan kata kotor/kasar

 

Jika sudah memahami aturannya, mari eksplor beberapa pura berikut:

 

Pura Besakih

Pura yang dibangun di Desa Besakih, Gunung Agung ini sangat terkenal karena areanya paling besar, sehingga dijuluki Mother of Temple. Di dalamnya terdapat banyak pura, namun yang menjadi pusatnya adalah Pura Penataran Agung. Di desa wisata Bali ini, Anda akan melihat bagaimana proses persembahyangan umat Hindu dengan sangat khidmat. Untuk mengunjungi Pura Besakih, disarankan pada jam 8 pagi agar tetap dapat melihat pemandangan Gunung Agung yang indah tanpa tertutup kabut.

 

Pura Tanah Lot

Siapa yang tidak kenal dengan Tanah Lot? Pura yang terletak di atas batu karang pada area pantai ini memang menarik perhatian. Karena letaknya yang unik, pengunjung hanya bisa memasuki area pura pada saat air laut sedang surut. Jika air laut sedang pasang, pura akan terlihat seperti berada di tengah lautan. Kalau Anda ingin menikmati keindahan pura dari sisi pantai, sebaiknya datang saat sebelum matahari terbenam.

 

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan ini memiliki lokasi yang unik, yakni di tengah danau. Berbeda dengan Tanah Lot yang memiliki hawa panas karena terletak di sisi pantai, pura ini memiliki hawa sejuk dingin karena terletak di dataran tinggi Bedugul. Danau Beratan sendiri dikelilingi perbukitan menakjubkan dan kebun yang sangat terawat. Selain menikmati pura, pengunjung juga bisa mencoba beberapa aktivitas di sini, misalnya menaiki perahu keliling danau.

 

Pura Luhur Uluwatu

Lokasi pura ini mirip dengan Tanah Lot, karena sama-sama terletak di sisi pantai dan di ujung batu karang. Pura ini unik karena dibangun di tebing batu karang dengan tinggi 70 meter di atas permukaan laut. Di Pura Luhur Uluwatu, Anda dapat menikmati betapa cantiknya matahari terbenam sambil menonton pementasan tari kecak. Tari kecak di sini sangat terkenal karena bisa dikatakan satu-satunya tempat yang menyajikan tarian khas Bali dengan latar sunset. Tertarik untuk berkunjung?

 

Di antara keempat pura ini, kira-kira manakah yang akan Anda kunjungi pertama? Pura manapun yang Anda kunjungi, tetap jaga peraturan rumah ibadah sebaik-baiknya, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.