Kenalan dengan Tugas Penting BAWASLU Selama Pemilu, Yuk!

Pemilu 2024 tinggal menghitung bulan dan hari. Meski belum memasuki periode kampanye, sudah banyak terlihat beragam atribut kampanye terpampang di sejumlah tempat. Bahkan beberapa figur politik sudah mulai mencoba menarik perhatian masyarakat melalui kemunculannya di sejumlah kesempatan. Salah satu organisasi yang tak ketinggalan memanfaatkan panggung Pemilu adalah partai politik. Tentu pada periode ini partai politik di Indonesia akan secara besar-besaran melakukan sejumlah sosialisasi politik untuk menyampaikan sejumlah program kebijakan yang juga bertujuan untuk memenuhi kepentingan masyarakat luas.

Lebih lanjut, jika berbicara tentang Pemilu pasti banyak orang yang memusatkan pandangan pada lembaga KPU. Namun tentu badan penyelenggara tidak akan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik tanpa adanya bantuan pengawasan dalam hal ini BAWASLU. Agar semua proses Pemilihan Umum 2024 tetap sesuai dengan koridornya, yuk, kita kenalan akan beberapa fungsi penting lembaga yang satu ini selama proses Pemilu nanti. Simak ulasannya sebagai berikut, ya!

  • Menyusun standar pengawasan

Tidak hanya rangkaian pelaksanaan Pemilihan Umum saja yang perlu disusun, kelancarannya dan standarisasinya, namun bentuk pengawasan juga perlu diperhatikan. Bawaslu bertugas untuk melakukan penyusunan standarisasi pelaksanaan Pemilu, tidak hanya di tingkat nasional, melainkan juga di tingkat kota dan kabupaten

  • Mencegah dan menindak pelanggar

Sebagaimana fungsi pengawasan, Bawaslu tidak hanya sekedar memonitor jalannya Pemilu, melainkan juga bertugas melakukan pencegahan dari adanya pelanggaran hingga menindak para pelanggar. Bentuk pelanggaran yang diawasi oleh Bawaslu adalah salah satunya sengketa proses Pemilu.

  • Mengawasi persiapan Pemilu

Diketahui, dari tahun ke tahun Pemilu memiliki sejumlah persiapan yang tidak main-main, paling tidak 2-3 tahun sebelum hari pelaksanaan. Seiring itu pula, Bawaslu melakukan pengawasan secara maksimal, yakni mengawasi segala bentuk persiapan Pemilu yang dilakukan oleh KPU. Lebih lengkap, Bawaslu turus serta mengawal dalam perencanaan dan penetapan tahapan Pemilu, mengawasi pengadaan logistik, dana kampanye dan juga sosialisasi penyelenggaraan Pemilu. Selain beberapa daftar di atas, Bawaslu juga turut serta mengawasi pemutakhiran data pemilih, penetapan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, penetapan peserta Pemilu, pencalonan hingga penetapan pasangan calon. Terpenting, Bawaslu pastinya hadir dalam mengawal jalannya pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan suara, rekapitulasi sampai pada penetapan hasil pemilu.

  • Mencegah politik uang

Selain mengawasi perencanaan, jalannya proses dan tahapan Pemilu hingga penetapan hasil, Bawaslu juga wajib dan bertugas dalam memastikan politik uang tidak terjadi selama proses tahapan Pemilu berlangsung. Seperti kita tahu, politik uang sering terjadi pada masa kampanye, misalnya saja serangan fajar. Praktik politik uang ini masuk dalam tindakan koruptif dan melanggar hukum, sehingga tentu sangat penting untuk dihindari dan dicegah.

  • Mengawasi netralitas aparatur negara

Bawaslu juga turut mengawasi netralitas dari seluruh lapisan aparatur negara, baik aparatur sipil maupun yang terikat kedinasan seperti Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia.

  • Mengawasi pelaksanaan putusan

Tidak hanya putusan pemenang Pemilu, Bawaslu juga turut mengawasi segala jenis pelaporan dan putusan dari sejumlah pelanggaran selama Pemilu dari berbagai tingkat.

  • Mengawasi proses evaluasi Pemilu

Dari berbagai macam tugas Bawaslu, salah satu yang terpenting lainnya adalah turut serta dalam mengawasi proses evaluasi penyelenggaraan Pemilu yang tentu berguna sebagai bahan edukasi pagi pelaksana di periode ke depan

 

Itu dia sejumlah kecil tugas penting yang dilakukan Bawaslu selama proses tahapan Pemilu dilangsungkan. Dibutuhkan integritas yang sangat tinggi dalam menjalankan tugas pengawasan, karena tidak hanya sulit namun juga penuh rintangan baik dari luar maupun diri tiap anggotanya. Bagi Anda yang tertarik untuk mencari lebih banyak informasi seputar Pemilu, sikap antikorupsi dan juga nilai integritas dapat mengunjungi ACLC KPK, dan akses informasi berkualitasnya kapanpun Anda butuhkan, ya! Yuk kawal proses Pemilu yang jujur, bersih dan adil bersama-sama.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *