Fungsi dan Kriteria Data Center yang Baik

 Bagi Anda yang biasa bekerja atau berurusan dengan bidang Informasi Teknologi (IT), tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah pusat data. Secara singkat, pusat data atau data center merupakan fasilitas yang digunakan dan dikelola untuk memenuhi kebutuhan sistem dan komponen komputer sebagai penyimpanan data dan telekomunikasi. Pusat data berhubungan dengan power supply yang memiliki sistem redundan dan sistem kontrol suhu untuk menjaga temperatur fasilitas.

 

Dengan semakin berkembangnya dunia digital yang pesat, maka semakin dibutuhkan wadah penyimpanan data yang semakin besar pula, sebagai tempat menampung data dan server dalam jumlah besar secara aman. Hal tersebut menjadi alasan mengapa saat ini semakin banyak data center bermunculan.

 

Fungsi Data Center

Sebuah perusahaan atau organisasi pastinya menghasilkan data yang akan terus mengalami peningkatan dalam hal kapasitas penyimpanan. Memastikan kapasitas dan fungsi pusat data menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pusat data demi keberlangsungan perusahaan atau organisasi.

 

Pada dasarnya, fungsi utama data center atau pusat data adalah sebagai penempatan server untuk website dan database, mengingat komponen penting yang membuat sebuah pusat data dinamakan data center adalah adanya jaringan komputer dan penyimpanan data. Fungsi lain pusat data adalah untuk penyimpanan, pemrosesan, dan menyebarkan data dalam jumlah besar. Pusat data bisa menyimpan cadangan data dengan jumlah yang besar dan tidak perlu takut akan hilang ataupun terhapus, karena pusat dapa sudah melakukan backup dan disimpan.

 

Data center juga berfungsi sebagai principal repositories yang mencakup segala kebutuhan infrastruktur seperti subsistem penyimpanan, firewall, server, router, networking switches, dan pemasangan kabel dan rak kebutuhan IT lainnya.

 

Kriteria yang Harus Diperhatikan di Data Center

Saat ini semakin marak data center Indonesia yang menawarkan fasilitas dan layanan yang baik dan beragam. Salah satu perusahaan data center terbaik di Indonesia adalah neuCentrIX, karena jaminan ketersediaannya yang tinggi dan dukungan teknis yang optimal.

 

Namun, sebelum memilih data center yang tepat bagi bisnis, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan bagi setiap orang, perusahaan, organisasi, ataupun institusi yang ingin menyewa data center. Untuk mendapatkan layanan pusat data yang baik maka sebaiknya perhatikan kriteria berikut ini:

 

1. Data center yang baik selalu memperhatikan dan menerapkan tata kelola dan standar operasi secara ketat

Pastikan pusat data yang digunakan memiliki keandalan dalam data dengan cepat dan efisien dalam upaya membantu kelangsungan bisnis perusahaan agar tidak terjadi waktu tunggu atau downtime.

 

2. Lokasi data center yang baik haruslah strategis dan aman

Lokasi pusat data menjadi kriteria wajib yang perlu diperhatikan untuk memenuhi syarat membangun sebuah pusat data. Lokasi yang dimaksud mencakup dari segi geografis maupun non geografis. Dalam segi geografis, lokasinya haruslah bisa ditempatkan pada daerah yang aman untuk melindungi data penting tersimpan dari berbagai bencana seperti banjir, gempa, tanah longsor, atau kondisi lainnya. Secara non geografis, lokasi pusat data harus terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan tidak mengalami gangguan. Hal ini menjadi sangat penting agar tidak mengalami kendala dalam pengaksesan data secara online dan real time.

 

3. Memungkinkan fleksibilitas dan skalabilitas

Fleksibilitas data center sangat diperlukan karena menjadi sebuah nilai tambah tersendiri, contohnya fleksibilitas dalam mengatur skala penggunaan server. Struktur desain pusat data dan penggunaan perangkat data perlu diperhatikan agar fleksibilitas dan skalabilitas dari pusat data tetap terjaga dan mampu memenuhi kebutuhan bisnis dalam jangka panjang. Ingat untuk selalu melakukan pemeliharaan secara berkala agar pusat data tetap berfungsi dengan baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.