Dampak Ring Of Fire Bagi Indonesia yang Menimbulkan Potensi Bencana Alam

Negara Indonesia terletak di kawasan Cincin Api Pasific atau yang dikenal dengan Pacific Ring of Fire. Sehingga, Indonesia memiliki potensi yang besar mengalami bencana alam. Ini karena Indonesia berada  di antara ring of fire dan titik pertemuan lempeng bumi yang rawan terhadap bencana alam. Hal tersebut merupakan dampak ring of fire bagi Indonesia, dimana potensi bencana alam seperti gempa bumi bisa menerpa kapan saja.

Ring of Fire atau yang disebut juga sebagai sabuk Circum Pacific adalah sabuk gempa terhebat di dunia. Pacific Ring of Fire merupakan zona dimana terdapat banyak aktivitas seismik. Dimana zona tersebut terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit atau palung yang ada di dasar laut. Pada zona yang disebut ring of fire, seringkali terjadi gempa dan letusan gunung berapi. Gempa dan letusan gunung berapi merupakan bencana alam indonesia yang sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terletak diantara ring of fire.

Indonesia memiliki 130 gunung berapi dan 17 diantaranya masih merupakan gunung yang aktif. Selain itu, gunung berapi yang ada di Indonesia merupakan gunung yang paling aktif.  Dampak ring of fire bagi indonesia yaitu menjadikan negara ini rawan bencana alam. Berikut ini bencana alam yang umumnya sering terjadi seperti:

  1. Gempa Bumi

Gempa bumi bisa terjadi diakibatkan oleh pelepasan energi dari bawah permukaan bumi secara tiba-tiba. Yang mana dapat menciptakan gelombang seismik. Hal ini biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi yang disebut dengan gempa tektonik. Selain itu, gempa bumi juga bisa terjadi akibat letusan gunung api yang disebut gempa vulkanik.

  1. Tsunami

Tsunami disebabkan oleh serangkaian gelombang laut raksasa. Gelombang laut raksasa tersebut timbul karena adanya pergeseran yang terjadi di dasar laut akibat gempa bumi.

  1. Gunung Meletus

Gunung meletus merupakan bencana alam yang sering terjadi sebagai resiko berada di jajaran ring of fire. Letusan gunung berapi memiliki rangkaian yang panjang dampaknya. Dimana letusan gunung berapi berdampak pada munculnya debu vulkanik, gempa tektonik, hingga lahar panas dan lahar dingin.

Dapatkan berbagai informasi terbaru dan menarik mengenai spare part, aksesoris dan berbagai info seputar dunia otomotif hanya di Seva.id.  Ini merupakan layanan online terpercaya yang menghadirkan informasi terkait dengan otomotif hingga properti untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Seva.id tidak hanya memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalanan, dan gaya hidup. Seva.id juga menawarkan anda pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.