Cair 4 Kali dalam Setahun, Ini Cara Cek Penerima Bansos PKH 2021, Siapkan KTP

Ini cara cek penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) yang cair di bulan Januari ini. Diketahui, bansos PKH mulai dicairkan bulan Januari ini. Dikutip dari laman resmi Kemensos, penyaluran bansos PKH resmi dimulai pada 4 Januari 2021 lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bansos PKH diberikan bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pencairan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Dengan demikian, bansos PKH akan diberikan pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.

Proses pencairannya melalui Bank Himbara, yaitu BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Lantas bagaimana cara mengeceka apakah Anda menjadi penerima bansos PKH? Pengecekan dilakukan laman terpadu milik Kemensos cekbansos.siks.kemensos.go.id.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara lain, yakni dengan mengecek di laman masing masing pemerintah provinsi. Untuk Jawa Tengah, pengecekan bisa dilakukan di laman https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id atau Berikut caranya;

Akses Cari pencairan by NIK untuk penerima PKH, KIS/PBI (BPJS), KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan BSP (Bantuan Sosial Pangan). Tekan kirim

Jika terdaftar sebagai penerima PKH, akan muncul keterangan terdaftar ''Data Tersedia' sebagai penerima PKH disertai dengan nama penerima dan sejumlah bantuan lainnya yang diterima. Selain Pemprov Jateng, Pemprov Jabar dan Jatim juga menyediakan laman pengecekan penerima bansos. Berikut linknya:

Pengecekan bansos Pemprov Jabar: Pengecekan bansos Pemprov Jatim: Bansos tunai Rp 300 ribu diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum menerima bansos.

Bantuan ini juga diberikan kepada keluarga anggota PKH yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Namun, meski terdaftar dalam DTKS, yang bersangkutan belum tentu menjadi penerima bansos tunai Rp 300 ribu. Untuk mengecek apakah Anda menjadi penerima bansos tunai Rp 300 ribu ini, Anda bisa mengecekanya di laman kemensos, dtks.kemensos.go.id .

Berikut langkah langkahnya: 1. Masuk ke login dtks.kemensos.go.id atau 2. Lalu pilih ID Kepesertaan DTKS/NIK.

3. Ketik nomor kepesertaan ID dalam DTKS/NIK. 4. Masukkan nama sesuai ID/KK. 5. Klik cari untuk menyesuaikan ID dan nama yang diinput.

6. Hasil pencairan akan menampilkan apakah Anda terdaftar di DTKS dan terdapat keterangan apakah menjadi penerima BST atau tidak. . Jika nama tidak ada dalam database, situs DTKS akan memberi keterangan, "Data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan Nama..!" Bagaimana cara mencairkan bansos Rp 300 ribu?

Surat undangan ini berisi barcode serta informasi dasar penerima bantuan. Surat undangan tersebut wajib dibawa ke kantor pos terdekat, biasanya level kecamatan untuk mencairkan bantuan. Biasanya, kantor pos memiliki jadwal tersendiri dalam pencairan bantuan untuk menghindari kerumunan.

Oleh karenanya, masyarakat diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan. Saat ke kantor pos, masyarakat wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga (KK). Jangan lupa untuk memakai masker.

Setiba di kantor pos, tunggullah giliran untuk mencairkan bansos Rp 300 ribu. Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas akan men scan barcode pada surat undangan. Masyarakat akan langsung mendapat bansos Rp 300 ribu.

Tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana bansos Rp 300 ribu di kantor pos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.