Bahaya Cyber Crime, Lindungi Jaringan Internet Anda!

Cyber crime merupakan tindakan kejahatan yang muncul dari perkembangan teknologi digital. Kejahatan ini akan mengakses data tanpa izin resmi. Biasanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Surabaya. Oleh sebab itu, Provider Internet di Surabaya yang aman sangat diperlukan.

Mengapa Anda perlu berhati-hati terhadap cyber crime? November 2021 lalu, pihak berwajib berhasil menangkap sebuah perusahaan aplikasi pinjaman online di kawasan Sukomanunggal. Perusahaan ini berkemungkinan melakukan praktik pinjaman online ilegal dan menyimpan data pribadi korban.

Pembuatan akun facebook pun pernah terjadi. Pelaku mengubah logo konsulat jenderal Amerika Serikat dan menggunakan akun itu untuk mengiklankan lowongan kerja.

Kedua kasus ini menunjukkan betapa pentingnya Anda untuk memasang provider internet yang mempunyai sistem pengamanan yang baik. Mengapa? Entah apa yang pelaku akan lakukan terhadap data pribadi Anda. Cyber crime adalah kejahatan. Pelaku bisa menggunakan identitas Anda untuk kejahatan pula.

Pentingnya Provider Internet Aman Untuk Menghindari Cyber Crime

Cyber crime semakin meningkat kasusnya. Apa yang Anda dapat lakukan untuk melindungi diri anda? Apa yang pemerintah harus lakukan demi mengentas kejahatan digital ini?

  1. Membuat Undang-Undang

Hukum yang tepat mampu menciptakan efek jera. Pelaku tidak akan semena-mena melakukan tindakan kejahatan ini. Orang lain yang sedang berencana melakukannya pun berpotensi untuk mengurungkan niatnya. Selain itu, hukum yang jelas tentang perlindungan korban juga akan mendukung korban terlibat.

Indonesia mempunyai hukum dan aturan mengenai tindakan cyber crime yang berada dalam undang-undang ITE. Namun, banyak yang menganggap penerapannya masih belum maksimal.

Oleh sebab itu, Anda perlu tetap berhati-hati menelusuri dan menggunakan internet dan berharap hukum Indonesia tentang tindakan kejahatan ini akan menjadi lebih baik lagi secepatnya.

  1. Membentuk Lembaga Penanganan Khusus

Tindakan cyber crime semakin meningkat. Dilansir dari Liputan6.com, Pratama Pershada, selaku Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber Communication & Information System Security Research Center (CISSReC), menyatakan Indonesia mengalami 1,3 miliar percobaan serangan siber selama Januari sampai November 2021

Indonesia pun sudah membentuk divisi cyber crime Mabes Polri demi menegakkan hukum terhadap kejahatan ini. Namun, Indonesia bisa menangkal serangan-serangan cyber dan menyelidiki potensi terjadinya tindakan kejahatan secara digital jika mempunyai lembaga khusus.

Meskipun begitu, beberapa negara pun tercatat sudah membentuk dan menjalankan kinerja lembaga khusus ini demi mengentas kejahatan ini.

  1. Memperkuat Sistem

Dengan maraknya tindakan kejahatan siber, sistem pengamanan yang kuat adalah perlindungan pertama yang bisa Anda andalkan. Anda bisa menambahkan anti virus di dalam komputer anda, menerapkan add ons pada website, dan memilih provider internet yang mempunyai jaringan aman.

Apakah Anda Sudah Menggunakan Provider Internet yang Aman?

Cyber crime bisa terjadi dimana saja. Jadi, Anda harus berhati-hati dan menggunakan jaringan internet yang aman dan terlindungi. Jangan sampai Anda terkena serangan kejahatan cyber. Tetap waspada!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.